Cerita di Gunung Slamet

Gunung Slamet Via Bambangan

Gunung Slamet via Bambangan terletak di Dusun Bambangan, Kutabawa, , Kec. Karangreja, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. Dengan ketinggian puncaknya adalah 3432Mdpl. Gunung Slamet adalah Gunung tertinggi di Pulau Jawa dan Gunung tertinggi di Jawa Tengah.

Saya berangkat dari solo menuju basecamp Merbabu via thekelan pada malam jumat tanggal 11 Maret 2022. Jam 1 pagi saya tiba di basecamp dan langsung istirahat, tak lama kemudian saya bangun dikala mentari terbit dan suara khas pegunungan. Waktu itu menunjukkan jam 6 pagi, Saya bersantai sejenak dan menikmati udara segar. Setelah puas bersantai saya kemudian mandi dan bersiap untuk melakukan pendakian. Sebelum mendaki saya menyempatkan untuk sarapan sejenak.

Setelah sarapan pagi dan saya sudah siap, saya dan kawan-kawan berdoa sebelum melakukan pendakian tersebut. Setelah berdoa dan semua dikira sudah siap saya dan teman-teman memulai pendakian Gunung Merbabu via Thekelan pada jam 8 pagi.  Dari Basecamp menuju pos 1 jalan nya masi di bilang biasa aja dan masih ok-ok saja. Tak butuh waktu lama kami tiba di pos 1 dan beristirahat sejenak disana. Setelah 30 menit istirahat kita pun melanjutkan perjalan ke pos 2, jarak pos 1 ke pos 2 tidak terlalu jauh. Sepanjang perjalanan kita di suguhkan dengan pemandangan yang sangat indah, dan tanpa disadari kita pun tiba di pos 2. Di pos 2 terdapat mata air, dan saya mengambil air untuk minum, di pos 2 terdapat bangunan yang bisa digunakan para pendaki untuk beristirahat. Setelah puas beristirahat kami pun melanjutkan perjalanan ke pos 3, jarak pos 2 ke pos 3 itu lumayan jauh dan katanya trek nya lumayan berat. Tidak lama dari pos 2 kami langsung di suguhkan oleh tanjakan curam yang membuat lemes. Namun dengan rasa semangat dan support teman-teman lelah itu tidak terasa. Langsung saja setiba di pos 3 terdapat area camp yang cukup luas, saya langsung mendirikan tenda. Setelah berhasil mendirikan tenda, kawan saya langsung memasak dan membuat kopi, sedangkan saya merapikan barang yang ada di dalam tenda.

Pukul 1 dini hari, Saya dan teman-teman bersiap untuk melanjutkan pendakian untuk menuju ke puncak kentengsongo. Udara saat itu tidak terlalu dingin dan angin cukup bersahabat, perjalanan cukup menantang karena dengan udara dingin di tambah kurang nya cahaya cukup membuat kita kuwalahan. Semakin lama semakin berat jalurnya. Jam 7 pagi kita akhirnya sampai juga di puncak kentengsongo, disitu saya dan kawan-kawan berfoto foto dengan view yang sangat indah dengan pemandangan sabana serta gunung-gunung lainnya.

Setelah puas berfoto ria, kita pun turun untuk kembali kerumah. Karena sejatinya tujuan mendaki itu bukan pada puncak nya melainkan selamat sampai rumah. Tiba di basecamp saya langsung bersih-bersih dan mandi. Tak lupa juga saya untuk mengisi perut di warung depan basecamp. Setelah perut kenyang, saya pun bersiap dan otw ke solo.

Sekian perjalanan saya di Gunung Merbabu via Thekelan. Semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada kesalahan dalam menyampaikan atau kurang berkenan hati. Tetap cintai alam seperti kamu mencintai ibumu.

#SalamLestari

Saran / kritikan bisa disampaikan melalui Whattshap, Silahkan klik gambar/logo Whattshap dibawah ini  :